Kewajiban Mendidik Anak

 

Agama Islam sangat menekankan kewajiban mendidik anak dengan pendidikan yang bersumber dari petunjuk Allah SSubhanallahu wa Ta'ala dan Rasul-Nya. Allah Subhanallahu wa Ta'ala berfirman ;

 "Hai orang - orang yang berfirman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu." (Qs. at-tahriim : 6)

  Ali bin Abi Thalib radhiallahu 'anhu ketika menafsirkan ayat di atas berkata, "(Maknanya) : Ajarkanlah kebaikan untuk dirimu dan keluargamu."

  Syaikh Abdurrahman as-Sa'di berkata, "Memelihara diri(dari api neraka) adalah dengan mewajibkan bagi diri sendiri untuk melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya, serta bertobat dari semua perbuatan yang menyebabkan kemurkaan dan siksa-Nya. Adapun memelihara istridan anak - anak (dari api neraka) adalah dengan mendidik dan mengajarkan kepada mereka (syari'at Islam),serta memaksa mereka untuk (melaksanakan) perintah Allah SWT. Maka seorang hambatidak akan selamat (dari siksaan api neraka) kecuali jika dia (benar-benar) melaksanakan perintah Allah (dalam ayat ini) pada dirinya sendiri dan pada orang-orang yang dibawa kekuasaan dan tanggung jawabnya."

  Maka kita dibolehkan membawa anak kecil ke masjiddan mendidik mereka dengan adab yang bermanfaat (bagi mereka), serta melarang mereka melakukan sesuatu yangmembahayakan mereka sendiri, (yaitu dengan) melakukan hal-hal yang diharamkan (dalam agama), meskipun anak kecil belum dibebani kewajiban syariat, agar mereka terlatih melakukan kebaikan tersebut.

  Demikian artikel ini saya sampaikan, Jazakumullahu Khoiro karna telah membacanya ^_^